Cara Dapat Uang Dari Internet Melalui Youtube

Cara Dapat uang Dari Internet Melalui Youtube

INCUSEO.COM – Jika Anda ingin tahu bagaimana cara dapat uang dari internet melalui youtube, maka Anda datang pada situs yang tepat. Pada postingan kali ini Anda  akan disuguhkan bacaan lengkap mengenai cara menghasilkan uang yang tidak terbatas dari internet melalui channel youtube. Dan kabar baiknya, semua materi tentang youtube akan dibahas secara tuntas, ringkas, padat dan jelas pada postingan ini. Tanpa perlu lama langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Apa yang akan dibahas pada pembahasan Berikut ini adalah tentang bagaimana caranya mendapatkan penghasilan dari internet melalui YouTube. Dimulai dari cara membuat channel YouTube, memproduksi konten YouTube yang berkualitas, hingga menghasilkan pendapatan melalui channel YouTube yang anda kelola. Anda dapat menjadikan tulisan ini Sebagai panduan Khusus bilamana anda ingin memperoleh penghasilan atau income dari internet melalui YouTube.

Lalu bagaimana cara memperoleh uang atau penghasilan dari internet melalui saluran YouTube?

Secara umum mungkin hanya ada tiga cara untuk memperoleh penghasilan dari YouTube.

  1. Cara yang pertama adalah melalui iklan Adsense.

Ketika anda mempunyai channel YouTube yang kaya akan konten berkualitas, sudah lebih dari 4000 jam tayang waktu tontonan, dan mempunyai lebih dari 1000 subscriber yang mengikuti channel Anda, maka channel Anda berpotensi memiliki penghasilan melalui platform periklanan Google AdSense. Jika anda sering menonton video di YouTube  dan kemudian melihat ada tayangan iklan lewat, maka si pemilik channel akan memperoleh penghasilan dari 1 tayangan iklan pada video tersebut. Selebihnya pembahasan tentang monetisasi adsense ini akan kita bahas nanti secara mendetail.

2. Cara yang kedua adalah melalui sponsor.

Saat channel Anda ramai dikunjungi atau ditonton oleh para subscriber, maka tidak akan menutup kemungkinan channel anda akan memperoleh banyak sponsor dari para pemilik bisnis. Anda akan dibayar oleh para pemilik bisnis dengan syarat anda mengendorse produk mereka. Anda hanya akan diperintahkan menampilkan iklan baik itu iklan secara langsung ataupun pesan iklan dari para pemilik bisnis sebagai promosi atas biaya yang telah dikeluarkan oleh mereka untuk mensponsori anda.

3. Cara yang ketiga adalah menjual produk sendiri.

Peluang untuk memperoleh pendapatan lainnya adalah dengan menjual produk sendiri melalui channel YouTube. Anda bisa mempromosikan produk Anda melalui konten video yang anda buat sekreatif mungkin. Ketika anda sudah mempunyai banyak penggemar atau subscriber dan semuanya menyukai konten anda, maka potensi tingkat penjualan akan lebih tinggi. Selain itu dengan cara mempromosikan produk yang anda miliki sendiri melalui channel YouTube maka secara otomatis akan menghemat budget untuk biaya  periklanan  atau promosi.

Untuk dapat uang dari internet melalui channel YouTube, Anda hanya perlu melalui empat proses berikut :

  1. Proses Perencanaan Membangun Channel YouTube

Pada tahap ini, Anda akan melakukan persiapan membangun channel. Mulai dari rencana pemilihan niche sampai berhasil membuat sebuah channel YouTube.

2. Proses Pengembangan Channel YouTube

Dalam proses pengembangan, Anda akan fokus pada pembuatan konten yang nantinya akan diunggah pada akun channel Youtube yang telah dibuat sebelumnya.

3. Proses Meningkatkan Jumlah View dan Subsriber

Setelah channel Anda mempunyai sejumlah konten yang layak untuk dipublikasikan, pada tahapan ini Anda akan digencarkan untuk mencari subscriber dan jumlah tayangan atau view.

4. Proses Pengajuan Monetisasi Iklan Adsense

Proses terakhir adalah melakukan pengajuan monetisasi supaya channel Anda bisa menghasilkan uang. Monetisasi yang akan digunakan disini adalah periklanan Google Adsense.

Ini adalah inti yang akan dijabarkan pada postingan kali ini. Mari kita bahas empat point tersebut secara rinci.

A. Proses Perencanaan Membangun Channel

Dalam tahapan ini, langkah pertama yang Anda lakukan adalah membuat daptar perencanaan dengan menggunkan pertanyaan :

Channel YouTube seperti apa yang harus dibuat?

Konten video seperti apa yang harus disuguhkan kepada para pemirsa?

Pertanyaan pertama harus Anda jawab sesuai dengan yang Anda minati. Ini yang disebut dengan niche. Channel Anda harus mempunyai tema yang terarah. Tema channel harus sesuai dengan yang Anda minati atau istilah bahasa kerennya harus sesuai dengan passion Anda. Misal Anda senang dengan olahraga, maka tema yang cocok dengan Anda adalah tentang olahraga. Anda bebas memilih tema yang Anda senangi. Banyak tema yang bisa Anda pilih seperti memasak, dakwah, bisnis, game, musik, fotografi, traveling, kuliner dan masih banyak lagi tema yang tidak bisa disebutkan satu per satu disini.

Setelah Anda menentukan tema channel yang akan Anda buat, selanjutnya tentukan nama channel, deskripisi dan siapkan gambar profil atau logo yang menarik agar mudah diingat subscriber Anda. Nama channel harus unik, deskripsi harus menggambarkan secara umum tentang channel Anda, dan gambar harus menarik agar tampilan channel Anda enak dilihat. Penyesuaian ini harus Anda perhatikan dengan cermat, rencanakan dengan matanng agar tidak terjadi banyak perubahan ketika konten video yang Anda buat telah dipublish.

Selanjutnya Anda buat channel YouTube Anda. Mekanisme teknis pembuatan channel, mungkin Anda sudah tahu. Namun bagi yang belum tahu, Anda hanya perlu membuat akun gmail terlebih dahulu ( akun email milik google ), setelah itu Anda masuk ke halaman YouTube.com lalu buat channel Anda dengan menggunakan gmail yang telah dibuat sebelumnya. Setelah selesai dibuat, silahkan sesuaikan terlebih dahulu channel Anda dengan persiapan yang telah disiapkan sebelumnya.

B. Proses Pengembangan Channel

Setelah Anda membuat channel, kini saatnya masuk pada tahap pengembangan. Pada proses ini Anda akan fokus pada produksi konten atau video. Sebelum melakukan produksi, ada baiknya Anda membuat tabel perencanaan pembuatan konten terlebih dahulu. Anda sudah menentukan tema atau niche pada tahapan sebelumnya. Maka sekarang Anda perlu membuat list konten yang akan diproduksi. Pertama tentukan judul video, kemudian buat kategori video, dan terakhi kapan video Anda akan dipublish.

Dalam menentukan judul video, alangkah baiknya melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Anda bisa melihat tren terkini melalui google tren, dan kemudian Anda riset kata kunci yang relevan menggunakan google planner, ubersugest atau tools lainnya. Judul yang menarik dan banyak dicari akan lebih berpotensi memiliki jumlah view yang banyak. Oleh sebab itu sangat penting merancang judul yang menarik serta memiliki kata kunci yang di riset terlebih dahulu. Dengan begitu video atau konten Anda akan lebih SEO dimata pencarian.

Disini fokus Anda adalah membuat konten. Konten yang Anda buat harus relevan agar selalu dipromsikan oleh YouTube kepada pemirsa. Oleh karenanya Anda perlu membuat list judul, kategori, dan rencana kapan video atau kontent tersebut akan dipublikasikan. Dengan program perencanaan seperti ini, maka channel YouTube yang Anda buat akan lebih terarah. Pada akhirnya jika Anda menggunakan metode seperti ini maka perolehan hasil akan lebih dari yang diharapkan sebelumnya. Dan apabila sudah berjalan maka channel Anda akan dinilai memiliki berkualitas, jelas, terarah dan layak untuk diikuti.

Selanjutnya adalah mulai memproduksi video. Anda perlu menentukan jenis video apa yang akan Anda buat. Apakah itu Vlog, Animasi, Musik, Film dan lain sebagainya. Kemudian mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti software editor video, kamera, laptop dan sebaginya. Dalam konteks peralatan ini tentu setiap orang akan berbeda. Ada yang hanya memerlukan laptop dan video editor saja bagi mereka yang senang mengedit video, atau ada juga yang full peralatan lengkap mulai dari kamera, studio, trpod, dan lain sebaginya. Masalah ini, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda masing – masing.

Untuk yang senang melakukan edit video, atau melakukan tutorial sembari melakukan perekaman layar pada computer atau laptop, maka Anda bisa menggunakan referensi software berikut.

  • Adobe  Premier Pro
  • Windows Movie Maker
  • iMovie
  • Active Presenter
  • Movavi Video
  • Final Cut Pro
  • Adobe Spark
  • Dan lain sebagainya.

Silahkan Anda pilih software yang menurut Anda mudah untuk digunakan. Semua software tersebut memiliki keunggulan dan kemudahan tersendiri. Namun yang lebih dianjurkan adalah melakukan pengeditan menggunkan Active Presenter. Kelebihan software ini adalah bisa digunakan untuk melakukan perekaman layar, dan editor video yang sangat multi fungsi. Untuk mendownload software ini, Anda bisa langsung mengunjungi situs https://atomisystem.com/

Selain Active Presenter, rekomendasi yang disarankan lainnya adalah Adobe Spark. Bagi yang ingin lebih simple dalam membuat video, misalnya visual story telling, maka Anda perlu menggunakan Adobe Spark. Kemampuannya yang sangat sederhana dan mudah digunakan, mampu menghasilkan video yang sangat berkualitas dan bagus. Dengan fiture spark video yang dimiliki adobe spark, Anda bisa membuat dan mengedit video dengan sangat praktis.

Sebelum membuat video, sebaiknya Anda menyiapkan naskah video terlebih dahulu. Dengan konsep pembuatan naskah, maka hasil dari pada video yang Anda buat akan lebih baik. Apa yang akan Anda bicarakan atau apa yang akan anda sampaikan pada video konten Anda, sebaiknya dikonsep terlebih dahulu menggunakan naskah. Hal ini agar uraian Anda tidak kabur kesana kemari, lebih terarah dan jelas. Pemilihan diksi dan tata bahasa dilakukan pada saat pembuatan naskah video. Dengan demikan Anda akan menghasilkan konten yang berkualitas.

C. Proses Meningkatkan Jumlah View dan Subscriber

Sebagus apapun konten video yang Anda buat, tidak akan ada artinya jika tak seorang pun yang menontonnya. Oleh sebab itu pada proses ini Anda akan kerja keras extra untuk meningkatkan jumlah tayangan. Semakin banyak  yang menonton konten Anda, maka semakin besar pula potensi pendapatan yang akan Anda raih nantinya. Jadi penguasaan pada proses ini sangat perlu untuk Anda kuasai. Mari kita mulai pada tahapan dasar bagaimana meningkatkan jumlah tayangan konten Anda.

Sebelum Anda membuat video, anda disarankan untuk membuat judul yang menarik serta menyertakan kata kunci yang sebelumnya harus Anda riset terlebih dahulu. Anda perlu menggunakan google tren untuk melihat tren yang sekadang berkembang, google keyword planer untuk meriset berapa jumlah kata kunci yang di cari pada mesin pencarian google, atau bisa juga Anda menggunakan tools ubersugest milik neil patel. Hasil yang diberikan oleh tahapan ini akan terlihat nanti apabila konten anda sudah terindex oleh mesin pencarian google.

Jangan lupa optimalkan judul, tags, deskripsi dan thumbnail agar hasil pada pencarian lebih optimal. Gunakan judul yang menarik dan kreatif tetapi bukan klik bait. Sertakan tags dengan kata kunci utama dan juga kata kunci yang relevan lainnya atau berkaitan dengan konten Anda. Pada bagian deskripsi, Anda isikan penjelasan tentang yang apa yang Anda upload pada konten Anda. Jangan lupa juga sertakan kata kunci pada bagian ini. Terakhir gunakan thumbnail yang dapat memikat orang agar mau menonton video Anda. Dengan catatan jika Anda ingin mempertahankan pengunjung, maka Anda jangan menggunkan cara klik bait.

Kemudian setelah optimasi tadi selesai, Anda perlu mencari pemirsa dengan melakukan share pada media sosial. Semakin banyak jumlah orang yang berinteraksi dengan konten Anda, seperti like dan subscribe, maka semakin besar potensi kemungkinan channel Anda akan dipromosikan kepada pemirsa lainnya oleh pihak Youtube. Anda bisa melakukannya dengan cara share ke media sosial atau Anda juga bisa menggunakan layanan periklanan seperti Google Ads. Cara ini tidak melanggar sama sekali selama channel Anda tidak melanggar kebijakan yang ditetapkan oleh pihak Youtube.

D. Proses Monetisasi Channel

Ini merupakan tahap akhir yang sangat menegangkan. Untuk dapat memonetisasi channel Anda, maka Anda perlu mendaftarkan channel Anda pada bagian program partner YouTube. Disini Anda akan berkenalan dengan Adsense. Adsense merupakan layanan periklanan yang dimiliki oleh google untuk menampilkan iklan pada sebuah konten. Disini Anda memilki kontent video, maka iklan tersebut akan tayang pada setiap video Anda. Dengan catatan Anda sudah diterima oleh pihak YouTube Partner Program.

Syarat untuk mendaftar progam partner ini yakni chanel Anda harus sudah memiliki lebih dari 1000 subscriber dan akumulasi 4000 jam tontonan. Nah disini Anda harus ekstra kerja keras untuk mendapatkan tontonan dan subscriber sejumlah yang telah ditetapkan oleh YouTube Partner Program. Selain itu, diterima atau tidaknya channel Anda  pada program monetisasi YouTube tergantung dari hasil review pihak Youtube. Apabila channel Anda mempunyai banyak pelanggaran, tidak mematuhi kebijakan YouTube, maka sudah dapat dipastikan channel Anda akan di tolak. Anda harus memperbaiki channel Anda dari awal untuk dapat mengajukan monetisasi kembali.

Alangkah baiknya, sebelum membuat konten Anda membaca kebijakan yang telah ditetapkan oleh pihak Youtube terlebih dahulu.

Setelah channel Anda diterima oleh pihak partner YouTube, maka Anda hanya tinggal membuat konten yang berkesinambungan, mingkatkan penonton dan subscriber Anda. Semakin banyak video, penonton, dan subscriber, maka channel Anda akan berpotensi mendapat penghasilan yang sangat besar. Anda akan menerima pembayaran dari google setelah melakukan proses verifikasi PIN dan pembayaran akan dicairkan pada rekening Anda setelah mencapai ambang batas pembayaran. Jika tidak Ada masalah, maka proses pencairan akan berlangsung mudah.

Itulah cara mendapatkan uang dari internet melalui channel YouTube. Bagi Anda yang baru tahu, atau sudah tahu namun masih bingung dalam memulai konten, maka silahkan jadikan postingan ini sebagai panduan, atau acuan dalam pembuatan kontent Anda. Jika Anda melakukannya dengan baik, cermat dan hati – hati, serta Anda memperhatikan kualitas konten yang Anda buat, maka tidak akan menutup kemungkinan channel Youtube Anda akan sukses serta mampu bersaing dengan kompetitor lainnya. Jika Anda menyukai postingan ini, silahkan share kepada teman Anda lainnya sehingga manfaatnya tidak berhenti pada diri Anda.

Jangan lupa juga baca postingan Cara Dapat Uang Dari Internet Melalui Facebook

Cara Dapat Uang Dari Internet Melalui Youtube
Kembali ke Atas